5 Strategi Kelola Restoran
Panduan praktis untuk pemilik atau manajer restoran dalam meningkatkan kinerja operasional dan keberhasilan bisnis kuliner Anda.

28 Desember 2023

Wajib Coba, 5 Strategi Kelola Restoran yang Efektif dan Efisien!

Mengelola restoran dengan efektif dan efisien bukan hanya sekadar keterampilan, melainkan suatu keahlian yang harus terus dilatih dan diperdalam bagi setiap pemilik atau manajer restoran. Dalam dunia yang dinamis ini, banyak aspek yang menjadi tanggung jawab, mulai dari operasional depan hingga belakang restoran, termasuk memimpin karyawan, memastikan kinerja optimal, meningkatkan layanan pelanggan, dan menjaga profitabilitas restoran.

Tidak heran jika mengelola restoran dapat terasa melelahkan dan bahkan dapat menyebabkan burnout, terutama jika skala operasional restoran telah berkembang menjadi besar dengan cabang di berbagai daerah. Menjaga kualitas dan reputasi merek restoran juga krusial untuk membangun kepercayaan pelanggan dan mengembangkan bisnis.

Dengan menerapkan strategi manajemen restoran yang efektif dan efisien secara konsisten, pemilik atau manajer restoran dapat memaksimalkan potensi bisnis mereka dan menjalankan operasional restoran dengan lebih baik. Berikut adalah lima strategi kunci yang dapat membantu mencapai kesuksesan dalam mengelola restoran:

1. Beradaptasi Terhadap Perubahan


Mengutip dari tempo.co, potensi kegagalan bisnis kuliner di Indonesia bisa mencapai angka 90%. Sejalan dengan pernyataan tersebut, The National Restaurant Association memprediksi kesuksesan restoran berdasarkan data berada di angka 20%, sedangkan 60% restoran gagal pada tahun pertama operasionalnya, dan 80% gagal dalam rentang waktu 5 tahun sejak pembukaannya. 

Bisnis F&B, termasuk restoran, sangatlah dinamis dan dapat mengalami perubahan yang cepat dalam waktu yang relatif singkat. Contoh adaptasi cepat yang perlu diperhatikan adalah perubahan perilaku pelanggan. 

Misalnya, pelanggan lebih menyukai pemesanan yang mudah, sehingga pemilik/manajer restoran mulai menerapkan teknologi seperti pemesanan meja dan layanan mandiri melalui kios untuk meminimalkan antrean dan membuat pelanggan merasa lebih nyaman. Anda dapat membuat pemesanan menjadi nyaman (meningkatkan kenyamanan pelanggan). pengalaman bersantap di restoran). 

Anda juga dapat menawarkan berbagai pilihan pembayaran, mulai dari tunai hingga non-tunai, untuk membuat transaksi restoran Anda lebih mudah dan nyaman bagi pelanggan Anda.

Teknologi Antara System, seperti Antara ERP & POS, memungkinkan Anda untuk mempermudah proses pembayaran, mengatur stok, dan lainnya. Teknologi pada Antara Systems dapat memfasilitasi pengelolaan restoran Anda dengan efektif dan efisien.

2. Analisis Data untuk Memahami Pelangganmu


Pelanggan merupakan kunci terpenting keberhasilan suatu perusahaan. Oleh karena itu, memahami preferensi, keinginan, kebutuhan, kepuasan, dan perilaku mereka harus menjadi prioritas utama ketika mengembangkan strategi bisnis restoran. 

Dengan mengumpulkan data yang cukup dan reliable tentang pelanggan Anda, Anda dapat membangun kepercayaan pelanggan, membangun hubungan yang lebih baik, dan memperkuat loyalitas pelanggan. Dengan memahami pelanggan lebih baik, Anda dapat memberikan layanan yang lebih nyaman dan personal.

Mengutip data dari Avidly Agency, mendatangkan pelanggan baru lebih menguras biaya hingga 5 kali lebih mahal daripada menjaga loyalitas pelanggan yang sudah kamu punya.

Meningkatkan tingkat retensi pelanggan sebesar 5% mampu melejitkan profit restoranmu sebesar 25-95%.

Jadi bagaimana Anda mendapatkan data pelanggan yang akurat, hemat waktu dan biaya? Antara Systems memiliki program loyalitas pelanggan berbasis web yang fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan restoran Anda. 

Anda dapat menyiapkan poin, promosi menarik, dan hadiah untuk menjaga pelanggan tetap setia dan membuat mereka datang kembali ke restoran Anda. 

Anda juga dapat mengembangkan strategi penjualan yang lebih tepat sasaran karena data pelanggan Anda dikumpulkan dalam satu sistem, terorganisir dan lebih mudah diakses.

3. Kelola karyawan Anda secara Efektif dan Efisien

Mengelola karyawan restoran secara efektif dan efisien memerlukan pendelegasian dan pembagian pekerjaan sesuai tanggung jawab serta memastikan bahwa karyawan kompeten dan mematuhi standar kerja. Pastikan setiap karyawan memahami dan bertanggung jawab atas perannya dalam mencapai tujuan bisnis. 

Anda juga dapat meminta feedback dari karyawan Anda secara berkala untuk meningkatkan kualitas dan layanan pelanggan restoran Anda. Memberikan ruang kepada karyawan untuk memberikan kritik, saran, dan wawasan mengenai pelanggan untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan sehingga sebagian karyawan dapat memahaminya dan memberikan gambaran yang lebih utuh.

Melibatkan karyawan Anda dalam proses pengambilan keputusan juga membantu mereka bekerja lebih baik dan merasa lebih terhubung dengan restoran Anda. Anda juga memerlukan umpan balik ini untuk meningkatkan kualitas kinerja Anda sebagai manager/pemilik dan memberikan kepemimpinan yang lebih baik untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

4. Menerapkan Teknologi untuk Efisiensi Operasional

Teknologi membantu restoran beroperasi lebih efisien dan efektif. Mulai dari mencatat transaksi restoran dalam laporan penjualan secara otomatis dan akurat hingga menyederhanakan proses pembayaran pelanggan Anda dengan menawarkan beragam pilihan pembayaran digital yang terhubung langsung ke sistem Anda. 

Dengan teknologi tepat yang disesuaikan dengan kebutuhan restoran Anda, pengumpulan data pelanggan untuk menyusun strategi promosi dan memantau kinerja karyawan dapat terjadi secara otomatis.

Aturan yang bisa kamu terapkan agar restoran sukses dan meraup untuk optimal yaitu 30/30/30/10: 30% biaya bahan baku, 30% biaya karyawan, 30% biaya operasional, dan 10% profit margin.

Teknologi restoran yang tepat dapat menekan biaya operasional, mengefisienkan persediaan bahan baku dengan memantau persediaan secara berkala untuk memastikan persediaan tersedia cukup (tidak terlalu sedikit, tidak terlalu banyak) untuk kebutuhan dapur, dan mengurangi jumlah karyawan. Hal ini membantu mengurangi biaya tenaga kerja.

Mulai dari aplikasi mesin kasir, dan sistem ERP yang terjangkau hingga pasar yang menghubungkan Anda dengan pemasok bahan baku terverifikasi, semua kebutuhan restoran Anda dari hulu hingga hilir dapat dibuat lebih efisien dan efektif dengan teknologi Antara Systems.

5. Promosi Restoran dengan Media yang Tepat


Mengembangkan strategi periklanan dan pemasaran yang ditargetkan untuk restoran Anda penting untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan memastikan bahwa berita tentang restoran Anda menjangkau lebih banyak orang. 

Periklanan dan pemasaran juga penting agar bisnis Anda dapat terus berkembang, terus menarik pelanggan baru, dan meningkatkan keuntungan restoran Anda. 

Di era digital, Anda dapat memanfaatkan platform online seperti media sosial, situs web, dan periklanan digital untuk memasarkan restoran Anda dengan biaya rendah di saluran yang biasa digunakan oleh target pemasaran Anda. 
Promosi melalui media internet/ online paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dengan angka persentase sebesar 71,74% (BPS, 2020).

Sebelum menerapkan strategi pemasaran, pastikan Anda telah mengidentifikasi dan menentukan keunggulan restoran Anda (Unique Selling Points/USP) serta menentukan saluran pemasaran, jadwal periklanan, dan analisis pesaing yang sesuai.

Dengan mengikuti 5 strategi diatas, pembaca diharapkan dapat mengoptimalkan operasional restoranmu dan mencapai kesuksesan dalam industri kuliner yang kompetitif.

Jadi, apakah Anda siap dan percaya diri untuk menjalankan restoran Anda secara efektif dan efisien? Menjalankan restoran bukanlah pekerjaan mudah, namun jika Anda mengikuti langkah-langkah yang tepat, tantangan ini bisa Anda atasi dengan sukses. 

Ingat, teruslah belajar dan perhatikan peluang yang menghampiri Anda untuk terus mengembangkan bisnis restoran Anda!


Tren Fitur Software ERP di tahun 2024
Perkiraan perubahan signifikan dalam fitur perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) pada tahun 2024.