Software Kasir Terbaik Untuk Bisnis F&B
Software ini memungkinkan pemilik bisnis F&B untuk mengelola transaksi penjualan, inventaris, dan pelanggan dengan efisien.

07 Desember 2023


Bisnis Kuliner atau F&B terus berkembang, baik dari segi jenis menu maupun inovasi teknologi pendukung bisnis, seperti software kasir terbaik yang mudah didapatkan.

Software tersebut tidak hanya memudahkan pelanggan dalam memesan menu atau dalam pembayaran, tetapi juga semakin memudahkan para pebisnis dalam mengelola bisnis Kuliner atau F&B miliknya.

Salah satu software kasir terbaik untuk bisnis F&B Anda ialah ANTARA POS yang terdiri dari 3 jenis paket yaitu ada paket Starter, Growth, dan Enterprise. Ketiga jenis paket tersebut sangat cocok digunakan untuk mendukung software kasir bisnis F&B Anda, sehingga pemakaiannya tentu akan sangat tepat pada bisnis.

Untuk lebih jelasnya, ANTARA POS merupakan software kasir berbasis Odoo ERP yang biasa digunakan oleh bisnis yang mulai berkembang seperti jenis paket Starter yang bisa digunakan oleh pebisnis berskala kecil atau menengah seperti Growth (UMKM) hingga bisnis berskala besar seperti Enterprise.

Kelebihan Software Kasir Terbaik

Tentunya untuk menggunakan software kasir terbaik, Anda perlu mengetahui apa saja kelebihan dari fitur-fitur software yang dapat bermanfaat bagi bisnis F&B Anda untuk kedepannya. Agar lebih jelas, yuk simak kelebihan apa saja pada software kasir yang bisa didapatkan pada berikut ini:

1. Memperluas Jangkauan Pelanggan

Kelebihan yang pertama dari penggunaan software kasir adalah jangkauan pelanggan yang semakin luas. Hal ini dikarena kan software kasir memungkinkan pebisnis untuk membuat resto online sendiri. 

Seperti halnya ANTARA yang memberikan kebebasan pebisnis F&B membuat resto online dengan ANTARA POS. Dengan ANTARA POS pelanggan bisa memesan menu baik secara dine-in, pick-up, maupun delivery.

2. Keamanan Data Penjualan

Keamanan data menjadi aspek krusial dalam era digital. Software kasir terbaik dilengkapi dengan sistem keamanan tinggi yang melindungi data pelanggan, informasi transaksi, dan detail bisnis lainnya dari potensi ancaman keamanan. Data penjualan yang sudah terinput secara otomatis oleh software kasir akan diamankan, sehingga tidak akan terjadi kebocoran data secara online.

3. Mendukung Pembayaran Digital 

ANTARA sangat memahami jika di era digital ini pelanggan mulai banyak yang beralih melalui pembayaran digital. Maka dari itu ANTARA POS dapat menerima pembayaran dengan e-wallet seperti (Shopeepay, GOPAY, Astra Pay, DANA, OVO, Qris Payment, dan Link Aja). Pembayaran Kartu Kredit seperti (VISA, MasterCard, JCB, dan American Express). Pembayaran PayLater seperti (Akulaku PayLater, IndoDana, Kredivo, dan sebagainya).

4. Pelacakan Penjualan dan Laporan Keuangan

Software kasir terbaik dilengkapi dengan fitur pelacakan penjualan yang rinci dan laporan keuangan yang dapat diakses dengan mudah. Dengan informasi yang akurat dan terstruktur, pebisnis dapat melakukan analisis performa bisnis, mengidentifikasi tren penjualan, dan membuat keputusan yang lebih baik untuk pertumbuhan bisnis.  Sehingga pebisnis dapat mengatur strategi bisnis ke depannya.

5. Mengelola Banyak Cabang

Cukup satu software kasir dengan ANTARA POS, pebisnis dapat mengelola & memonitor seluruh aktivitas hingga laporan transaksi dari semua cabang/outlet.

6. Kemudahan Kelola Inventory 

Software kasir terbaik tidak hanya mengelola transaksi penjualan, tetapi juga menyediakan fitur pengelolaan Inventori yang canggih. Dengan adanya sistem yang terintegrasi, Anda dapat memantau stok barang secara real-time, menghindari kekurangan persediaan, dan meningkatkan efisiensi pengadaan barang pada bisnis Anda.

7. Management Pelanggan yang Efektif 

Kelebihan lainnya adalah kemampuan software kasir terbaik untuk mengelola data pelanggan. Dengan informasi yang tercatat, pebisnis dapat membuat program loyalitas, memberikan diskon khusus kepada pelanggan, dan memahami preferensi pelanggan untuk meningkatkan pengalaman dalam berbelanja.

8. Terintegrasi

Teknologi software kasir terbaik sudah sepatutnya mampu menghubungkan berbagai elemen dalam satu ekosistem digital. Layaknya ANTARA yang mengintegrasikan elemen dapur, pelayan, pembayaran, hingga pemesanan seperti:

        1. Terintegrasi dengan Sistem Keuangan

Sebagian besar software kasir terbaik dapat diintegrasikan dengan sistem keuangan bisnis Anda. Ini mempermudah pencatatan transaksi ke dalam buku besar, mengurangi risiko kesalahan akuntansi, dan memastikan konsistensi data keuangan.

        2. Terintegrasi dengan Perangkat Lain

Fleksibilitas dalam integrasi dengan perangkat keras lain, seperti scanner barcode, printer struk, atau bahkan sistem e-commerce, memungkinkan bisnis Anda untuk beroperasi secara lebih efisien dan terhubung.

Itulah beberapa kelebihan software kasir terbaik yang bisa memberikan kemudahan bagi bisnis F&B. Menariknya, kelebihan di atas bisa dirasakan oleh berbagai macam usaha kuliner (UMKM) atau F&B lainnya seperti:

- Foodtruck

- Kedai Kopi

- Kios Restoran

- Sushi Bar

- Food Event

- Toko Kue

- Foodcourt



Dengan penjelasan singkat di atas, kini pebisnis kuliner tidak perlu khawatir lagi dalam mengelola sebuah bisnis F&B. Hal itu tentu karena software kasir terbaik dapat membantu mereka dalam menjalankan hampir semua elemen operasional bisnis.


Aplikasi Kasir POS Untuk Bisnis Anda
Aplikasi Kasir POS hadir sebagai solusi terbaik untuk membantu Anda mengelola bisnis semakin praktis dan lebih efektif.