Tren Fitur Software ERP di tahun 2024
Perkiraan perubahan signifikan dalam fitur perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) pada tahun 2024.

27 Desember 2023

Seiring kondisi pandemi yang sudah membaik, banyak bisnis kembali untuk beroperasi seperti biasa. Dampak pandemi telah merubah kondisi pasar dan kebiasaan konsumen, dengan tantangan sumber daya terbatas, keterbatasan waktu, hingga perubahan permintaan. Untuk tetap bersaing, perusahaan perlu memperbarui software ERP mereka dengan mengikuti tren fitur yang penting hingga tahun 2023.

Perusahaan juga harus menerapkan dan memperbarui software ERP yang mereka gunakan agar tetap siap menghadapi perubahan pasar. Memperbarui software ERP memungkinkan perusahaan Anda memanfaatkan berbagai fitur terkini dan tingkat keamanan yang sesuai, sekaligus memperbaiki kesalahan yang ada. Perusahaan yang mempertimbangkan untuk menerapkan software ERP juga dapat melacak tren pengembangan perangkat lunak untuk menentukan konfigurasi terbaik untuk bisnis mereka.

Tren Fitur Software ERP di tahun 2024 yang Wajib dimiliki Oleh Perusahaan

Untuk beradaptasi dengan perubahan permintaan pasar, software ERP harus mampu mengakomodasi berbagai pembaruan dan penambahan fitur. Berikut tren fitur software ERP pada tahun 2024 :

Software ERP Berbasis Cloud

Tren penerapan software berbasis teknologi cloud semakin meningkat di berbagai industri. Sistem cloud memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam penerapan, termasuk pada software ERP. Perusahaan dapat memilih antara cloud pribadi, cloud umum, hingga sistem hybrid.

Migrasi ke teknologi cloud memberikan keuntungan seperti fleksibilitas, pengurangan biaya pemeliharaan, pembaruan sistem yang cepat, dan tingkat keamanan yang lebih baik. Ini membantu perusahaan untuk tetap adaptif terhadap perubahan pasar dengan biaya yang lebih efisien.

Keterhubungan dengan Perangkat IoT

Untuk meningkatkan efektivitas perencanaan sumber daya, software ERP harus dapat terhubung dengan perangkat IoT. Integrasi ini memungkinkan aplikasi tidak hanya sebagai alat pengolahan data, tetapi juga sebagai pusat pengumpulan dan pengambilan data melalui perangkat seperti RFID Barcode.

Integrasi ERP dan IoT membawa manfaat signifikan dalam mengurangi biaya proses koleksi data, memantau sumber daya, dan memberikan keamanan dan arus informasi yang terkontrol.

Akses Melalui Perangkat Mobile

Saat ini, sebagian besar masyarakat lebih memilih menggunakan perangkat mobile dibandingkan komputer untuk melakukan berbagai aktivitas. Hal ini juga berlaku untuk bisnis yang sangat bergantung pada aplikasi seluler. Perangkat seluler saat ini tidak hanya ringan, tetapi juga memiliki kecepatan yang sebanding dengan komputer. Selain itu, perangkat seluler telah terbukti mempunyai dampak keseluruhan terhadap produktivitas.
 
Saat ini, solusi manajemen sumber daya dengan menggunakan software ERP harus dapat diakses dari berbagai perangkat. Untuk itu, salah satu software ERP yang mutlak dibutuhkan oleh bisnis adalah akses mobile. Mengingat banyak software ERP yang berbasis teknologi cloud, hal ini tentu tidak terlalu sulit. 

Software ERP yang dapat diakses secara mobile tentunya sangat berharga, terutama ketika melakukan analisis dan perencanaan data. Hal ini membuat pemantauan menjadi lebih mudah dan fleksibel bagi karyawan, serta meningkatkan akurasi tindakan yang bertujuan untuk mengoptimalkan operasi bisnis.

Manajemen Data yang Optimal

Manajemen data yang optimal menjadi kunci untuk mengukur kinerja proses manajemen dan membuat perkiraan permintaan pasar. Software ERP yang dapat mengumpulkan dan menganalisis data dengan akurat memiliki dampak besar pada pengembangan bisnis.

Integrasi ERP yang Mudah

Pengelolaan proses bisnis melalui sistem memberikan fleksibilitas dan kenyamanan dengan beragam fitur yang ada. Misalnya saja software ERP yang bisa berintegrasi dengan berbagai sistem lain yang mendukung bisnis Anda. Jika perusahaan Anda menjual inventaris melalui e-commerce, Anda dapat mengintegrasikan data penjualan ke dalam software ERP Anda. Selain itu, software ERP memiliki berbagai modul untuk menambah fitur, seperti: Manajemen gudang dengan integrasi WMS, modul akuntansi, modul pengelolaan data, dan berbagai modul lainnya yang mendukung proses bisnis. 

Proses integrasi software ERP tentunya sangat mudah untuk dilakukan. Selain itu, beberapa penyedia menawarkan kompatibilitas modul yang sangat baik, menjadikan proses integrasi cepat dan mudah untuk berkonsultasi dengan bisnis.

Update Keamanan dan Perbaikan Berkala

Dalam mengelola sumber daya berbasis sistem, keamanan menjadi prioritas utama. Software ERP, terutama yang berbasis cloud, menawarkan pembaruan sistem secara berkala. Ini tidak hanya memberikan fitur terbaru tetapi juga perbaikan sistem dan peningkatan keamanan. Ini sangat penting di era digital yang rentan terhadap serangan keamanan.

Gunakan Software ERP Terbaik dan Dapatkan Beragam Fitur Terbaru untuk Membantu Perkembangan Bisnis Anda.




Perusahaan dapat mempertimbangkan fitur-fitur di atas sebelum menerapkan sistem ERP secara internal. Selain itu, perusahaan yang menggunakan software ERP tetapi tidak memiliki fitur-fitur di atas dapat mempertimbangkan untuk menggunakan software ERP terbaik yang selalu mengikuti tren. Dengan mengikuti tren teknologi, perusahaan dapat dengan mudah beradaptasi terhadap perubahan pasar. 

Sebagai startup yang menawarkan software ERP, Antara Systems memberikan solusi manajemen perencanaan sumber daya perusahaan melalui perangkat lunak yang dapat dihubungkan ke perangkat keras melalui teknologi IoT. Berbagai manfaat dan fitur pada software Antara ERP membantu perusahaan mengoptimalkan proses bisnisnya secara efisien, efektif, dan akurat.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang solusi manajemen inventaris kami, hubungi tim ahli kami di Antarasystems.com. Dapatkan solusi tepat dan berbagai keuntungan dengan mengimplementasikan software Antara ERP di perusahaan Anda.

Transformasi Digital 2024
Menghadapi tantangan dan peluang yang ditimbulkan oleh kemajuan teknologi seperti AI, Internet of Things (IoT), jaringan 5G, dan inovasi lainnya.